Pages

Friday, March 25, 2011

Definisi Tenses

Jika anda adalah orang yang selalu ingin tahu tentang asal usul kata. Sesungguhnya kata/istilah Tense (noun) berasal dari bahasa latin yaitu tempus yang artinya waktu (Tempus = Waktu). Sedangkan jika diberi akhiran (suffix) s/es yaitu Tenses itu pertanda Noun dalam bentuk jamak (Plural Noun). Jauh amat ya dari Tempus menjadi Tense, ya sudah saya mah nurut saja deh.

Definisi dari tenses adalah

" Perubahan bentuk kata kerja (verb) yang terdiri dari 1 (satu) kata kerja utama (main verb) atau ditambah dengan kata kerja bantu (helping/aux. verb) tertentu, yang digunakan untuk menunjukan WAKTU dari makna yang terkandung dalam kata kerja utama (main verb) tersebut".

Coba anda simak dan telaah kemudian rasakan beberapa contoh kalimat beserta terjemahanya dibawah ini :

* she has been eating for six minutes. (Present Perfect Continuous Tense)

Dia sudah sedang makan selama 6 menit.

* she will have been eating for six minutes. (Future Perfect Continuous Tense)

Dia sudah akan sedang makan selama 6 menit.


Coba anda perhatikan bentuk terjemahan Kata Kerja Bantu (Helping/Aux. Verb) dari 2 (dua) contoh kalimat diatas (yang dicetak tebal). Wah! yang benar yang mana ya?. Apakah 'Dia sudah makan' atau 'Dia sedang makan' ataukah 'Dia akan makan'.

Jangan pernah mencoba menerjemahkan Kata Kerja Bantu (Helping/Aux. Verb) secara utuh kedalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah anda masing - masing.
2. Bagaimanapun juga proses penerjemahan Kata Kerja Bantu (Helping/Aux. Verb) hanyalah alat bantu bagi kita untuk memahami konsep tenses itu sendiri. Daripada mikirin bagaimana membuat terjemahan yang tepat dalam bahasa Indonesia, lebih baik kita fokus pada Konsep [bagaimana/kapan/dimana] tenses itu digunakan.
3. Proses penerjemahan Kata Kerja Bantu (Helping/Aux. Verb) pada Blog ini akan saya letakan diantara tanda kurung kotak '[]' yang menandakan bahwa penerjemahan tersebut bersifat opsional dalam arti anda bisa menghilangkan / menggantinya hanya dengan suatu pemahaman akan Konsep dari masing - masing Tenses itu sendiri.

Sebagai gambaran saya akan berikan 3 (tiga) buah contoh kalimat beserta terjemahnya :

* What were you doing (Past Continuous Tense)

Apa yang [sedang] kau lakukan.

* What are you doing (Present Continuous Tense)

Apa yang [sedang] kau lakukan.

* What will you be doing (Future Continuous Tense)

Apa yang [sedang] kau lakukan.

Ketiga buah tenses yang berbeda tersebut meskipun memiliki Kata Kerja Bantu (Helping/Aux. Verb) yang berbeda tetapi terjemahanya gue bikin sama. Tetapi jka ditinjau dari segi pemahaman konsep. Baik si pengungkap (Speaker/Writer) maupun yang menerima ungkapan tersebut (Listener/Reader) akan memahami [kapan atau bagaimana bahkan dimana] tindakan / keadaan / kejadian tersebut berlangsung meskipun tidak ada keterangan waktu bahkan tempat (untuk keterangan tempat bisa dipahami dari konteks percakapan yang sedang berlangsung tentunya).

Bagi anda yang belum memahami apa yang saya maksud, abaikan saja. Pada bagian ini saya hanya memberikan gambaran tentang apa - apa yang akan anda hadapi dalam memasuki rimba belantara dunia Tenses. Tenang saja anda akan memahami apa yang saya maksud jika konsep dari masing - masing Tenses tersebut sudah gue Publish (yach! ngomong melulu nulisnya kapan coy!). Mudah - mudahan dalam beberapa bulan kedepan semua materi Tenses & Relevant sudah selesai ditulis. Itupun kalau penyakitku tidak sedang kumat. Memang punya penyakit apa mas?. Penyakitku adalah ambisiku sendiri (You know who I am). sudah dulu ya! daa..ah!

Eee...eh! lupa. Definisi Tenses itu apa ya?. Apa betul tenses adalah perubahan bentuk kalimat yang disebabkan karena keterangan waktunya (Past, Present, Future). Sebagai gambaran saya akan memberikan 4(empat) buah contoh kalimat sbb:

1. I told you about SAS system yesterday (simple past tense)
2. I am telling you about SAS system now ( present continuous tense)
3. I will tell you about SAS system tomorrow (simple future tense)
4. I tell you about SAS system everyday when I meet you (simple present tense)

Ket : SAS = Switch Access Services (semacam pensaklaran jaringan gitu deh).
Perhatikanlah perubahan bentuk kata kerja dari 'Tell' (tell, will tell, telling, told), semuanya berubah seiring keterangan waktu (everyday, tomorrow, now, yesterday). Dengan kata lain keterangan waktu mengacu kepada 3 (tiga) pembagian nama (rumus) tenses yaitu Past, Present, Future.
Tapi bagaimana jika ada yang menyimpang dari ketentuan diatas. Sebagai gambaran perhatikan beberapa bentuk tenses beserta keterangan waktu yang menyertainya :

* I Start my new job tomorrow (simple present tense)
* Shall we go now (simple future tense)
* I could build a web hosting, if I became rich now (simple past tense)
* I would drive on the street, if I bought a motor cycle tomorrow (simple past tense)

Coba anda perhatikan pasangan dari masing - masing bentuk Tenses dengan keteranganm waktu yang menyertainya :

Present => Tomorrow
Future => Now
Past => Now / Tomorrow


0 comments:

Post a Comment