Saturday, March 31, 2012

BURUKNYA SISTEM BIROKRASI DI IAIN IB PADANG

Pegawai pemerintahan, dewasa ini selalu bekerja tanpa memikirkan kaidah-kaidah, tuntutan serta kewajiban mereka terhadap pekerjaan yang di embankan pada mereka. Pun demikian hanya sebagian kecil dari mereka yang masih peduli serta memperhatikan kaidah tersebut. Mungkin mereka masih berfikiran kuno, yakni mereka menganggap tanpa giat bekerjapun mereka masih akan menerima gaji tetap setiap bulannya, toh yang menggaji mereka adalah pemerintah, bukan mahasiswa. Tidak terlintaskah dibenak mereka tanpa adanya mahasiswa secara otomatis institusi ini akan ditutup dan dengan demikian secara tidak langsung juga akan berdampak pada pekerjaan mereka.
Lambannya setiap urusan surat menyurat yang ada di IAIN IB Padang, mulai dari berbelit-belitnya proses pengurusan surat, lambatnya keluar KHS, dosen yang sering tidak masuk, mereka (para dosen) lebih mementingkan pekerjaan sampingan diluar institusi yang yang telah menjadikan mereka seseorang. Dengan kata lain mereka selalu mengabaikan hak-hak mahasiswa, bagaimana bisa outputnya akan bermutu sementara prosesnya bisa dibilang tidak berjalan, jadwal yang bentrok antara satu jurusan dengan jurusan lain dengan mata kuliah yang sama membuat proses belajar mengajar menjadi tidak efektif dan efisien. Contoh-contoh diatas membuat semua mahasiswa kesal, jengkel, marah dan sebagainya. Namun apa yang bisa diperbuat mahasiswa? Demo? Tidak, demo bukanlah solusi untuk pemecahan masalah-masalah seperti ini, karena suara mereka (para pendemo) hanya dianggap sebagai celoteh di siang bolong. Tidak ada satupun yang bisa dilakukan karena para petinggi IAIN IB pun seakan buang muka dan menutup diri dengan permasalahan tersebut.
Cara-cara yang demikian hanya akan menghasilkan individu yang nantinya akan berbuat hal yang sama di kemudian hari (walaupun semua itu tergantung pada pribadi masing-masing). Sudah selayaknyalah system birokrasi di IAIN IB ini dibenahi sedini mungkin demi kemajuan pendidikan di bangsa ini, bukankah sebuah bangsa itu besar karena orang-orangnya yang terdidik. Karena dengan pendidikan tidak akan ada lagi rakyat Indonesia yang dengan gampangnya diperbodoh maupun diperalat oleh bangsa lain.

1 comments: